Friday 10 July 2015

Cara Mudah Membuat User SSH Pada VPS Melalui Webmin

No comments :
Untuk cara mudah creat user ssh kali ini dibahas menggunakan webmin, cara ini sangat mudah asal kita punya koneksi internet saja, creat user pada vps kita bisa juga melalui terminal consule atau kita bisa menggunakan putty, dan cara membuatnya melalui webmin.

Membuat user pada vps untuk akun ssh via webmin bisa kita menggunakan browser di Komputer kita, atau jika ingin menggunakan hp kita bisa membukanya lewat operamini, jika lagi berada diluar tanpa membawa laptop kan cukup dengan hp dalam aplikasi operamini bisa membuka webmin.

Simak saja langkah-langkah cara creat user melalui webmin ini, cukup mudah dan simpel cuma beberapa klik saja user ssh sudah jadi dibuat, jadi vps kita lebih dahulu harus terinstall webmin, dan umumnya port webmin itu biasa memakai port 10000, jadi kita tinggal ketik pada kolom url browser ip vps : port, contohnya seperti ini http://ipvps:10000 , dan kemudian nantinya akan muncul halaman login, tinggal kita masukan saja dengan user root vps berikut pasword nya.

Setelah kita sukses login pada webmin vps langsung saja klik bagian sebelah kiri ada System, lalu pilih lagi Users an Groups yang terletak di bagian bawah settingan System tersebut, sampai disini nantinya akan terbuka halaman untuk membuat user baru.

Sesudah kita klik Users an Groups dan terbuka halaman tersebut, tinggal seterusnya kita pilih saja Create a new User dibagian atas, dan jangan salah klik biar nantinya tidak bingung, apalagi jika belum pernah setup vps atau membuka webmin, jadi selain dibaca kita juga harus lihat gambar yang disajikan disini biar jelas gituloh.

Setelah kita pilih Creat new user tadi maka akan muncul kotak isian, tinggal kita isi saja bagian yang saya beri tanda merah, yaitu kotak isian untuk username silahkan isi sesuai keinginan atau request, kemudian dalam pilihan Shell kita pilih sbin/nologin, itu jika kita menggunakan vps dengan OS centos, jika OS nya debian silahkan pilih bin/false, tapi untuk debian jika tidak bisa sukses login setelah di creat silahkan terlebih dahulu baca disini jika gagal login, lalu untuk pilihan password nya pilih Normal dan masukkan password yang di inginkan.

Sesudah bagian itu dilengkapi kita tinggal gulir kebawah kemudian pilih klik New group, disitu sudah terisi otomatis saat kita melakukan pengisian username di awal tadi, makanya usahakan semua tahapan proses yang kita isi itu setelah browser berhenti load halaman creat user tersebut, supaya tidak terjadi load yang tidak sempurna.

Selanjutnya yang terakhir tinggal kita klik Creat pada tombol yang ada di bagian bawah, maka selesai sudah creat user ssh kita buat dan siap digunakan.

No comments :

Post a Comment