Friday 28 August 2015

Cara Mendapatkan Akses Root VPS dari Google Cloud

2 comments :
How to get Root Access in VPS Google Cloud? Bagi yang belum faham memang sering kita kesulitan untuk mendapatkan akses root ke VPS kita yang dibuat melalui layanan VPS Cloud Google, jika anda yang mempunyai akun dari vps tersebut, setelah membuat Project dan creat vm instance tapi kesulitan dan bingung darimana kita bisa mendapatkan akses root dan password root cloud google.

Baiklah kita ikuti saja langkahnya untuk bisa mendapatkan akses root Google Cloud tersebut, yang nantinya kita bisa memanage melalui terminal consule dengan instalasi yang kita butuhkan, contohnya untuk membuat akses SSH dropbear, atau yang lainya tergantung kebutuhan mau dipergunakan untuk apa VPS tersebut.
Alat yang kita butuhkan yaitu disini hanya menggunakan PuTTYgen, darimana kita dapat tool tersebut? Biasanya jika kita menginstal PuTTY pada komputer kita akan sekaligus ada disana puTTYgen sudah terinstall pula, jadi tinggal pergi ke All program pada PC kita dan pada puTTY yang sudah terinstall akan terdapat puTTYgen juga disana.

Untuk Langkah Mendapatkan Akses Root VPS Google Cloud Adalah Sebagai Berikut:

Setelah akun pada Cloud anda statusnya Enable Billing berarti anda sudah mempunyai hak akses dan fasilitas instance atau creat VPS yang diperlukan, anda mulai saja dengan membuat Project baru dan memulai untuk membuat VPS dalam pilihan di bagian instance, lalu pilih OS sesuai keinginan, tapi disini saya akan jelaskan hanya pada pembuatan OS debian saja, untuk centos dan yang lainya tinggal kita ubah command nantinya sesuai OS tersebut.

Pilih seperti biasa sebelum creat instance pilih spek yang kita akan buat termasuk Storage, Ram yang diperlukan, dan lalu pada bagian advance setting atau settingan yang lain cari bagian SSH Key disana kita harus memasukkan name key tersebut untuk nantinya supaya bisa mengaksesnya via PuTTY, disini sebelum kita teruskan creat instance VPS, buka dulu puTTYgen dan klik Generate untuk mendapatkan key.

Dalam pembuatan key atau generate pada puTTYgen biasanya sambil menggerak-gerakkan mose pada bagian puTTYgen yang sedang melakukan proses generate, setelah key sudah dibuat kita masukkan juga  pada bagian Key passphrase, isi password yang akan kita gunakan nantinya, jadi kita harus mengingatnya, setelah itu kita klik Save private key dan simpan pada folder mana saja di komputer kita.


Setelah itu kemudian kita kembali ke Cloud Google untuk melanjutkan, copy key yang tadi dibuat dan masukkan pada kolom ssh key yang terdapat disana (pada gambar diatas yaitu key yang sudah dipilih berwarna biru itu), setelah kita copy dan paste pada kolom name key di Google Cloud, kemudian di bagian yang lain jika ada pilihan Automatic restart di ubah jadi disable saja,
Selanjutnya Selesai kita tinggal Creat instance tersebut, dan copy ip yang ada terdapat disana untuk kita buka melalui puTTY, disini kita yang akan pergunakan bukan puTTYgen tapi puTTY configuration untuk teminal consule mengakses VPS.
Lalu kita setting dulu sebelum open pada putty tersebut, masuk ke bagian SSH disebelah kiri, dan klik pada pilihan Auth lalu browse cari Private key yang sudah disimpan tadi, setelah itu tinggal klik open.
 


Kemudian setelah klik open dan terbuka tinggal lanjutkan untuk login, usernya yang tadi di puTTYgen saat generate yaitu yang terdapat pada kolom Key comment dan password nya yang tadi anda buat, lalu kita lanjutkan sekarang setelah user/password kita masukkan tinggal ketik perintah-perintah dibawah ini secara berurutan:
sudo su
cd
apt-get update
apt-get remove openssh-server
apt-get purge openssh-server
apt-get install openssh-server
nano /etc/ssh/sshd_config
Cari bagian bawah tulisan PermitRootLogin without-password kita rubah menjadi PermitRootLogin yes setelah itu klik Ctrl+x Y dan enter, kemdian lanjutkan restart openssh dan ubah password root.
service ssh restart
passwd

Sekarang VPS dari Google cloud anda sudah siap untuk dipergunakan, dengan akses root untuk dijadikan SSH  dan yang lainya.

2 comments :